Bulan Dzulhijah adalah bulan yang penuh dengan kesucian dan kebajikan (hikmah). Didalamnya terdapat beberapa peristiwa penting dan kewajiban utama bagi umat Islam. Diantaranya adalah pelaksanaan ibadah haji dan penyembelihan hewan qurban bagi orang yang beriman dan mampu. Termasuk didalamnya peringatan hari raya Idul Adha.

Pada setiap hari raya Idul Adha kita senantiasa dingatkan pada peristiwa besar tentang pengorbanan hamba Allah yaitu Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Dimana keduanya telah membuktikan ketaatan dan kecintaannya kepada Allah SWT di atas segala-galanya. Keduanya dengan lapang dada dan keikhlasan mampu menunaikan perintah Allah SWT, meskipun harus mengorbankan sesuatu yang paling dicintainya.

Selain dilakukan dengan keikhlasan dan kelapang hati, menjalankan ibadah kepada Allah hendaknya kita juga lakukan dalam rangka bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Nikmat Allah yang telah diberikan kepada manusia tiada terbatas dan dapat tidak dapat di ukur dengan materi. Hanya dengan cara melakasanakan ibadah kepada-Nya, kita dapat membalas karunia / nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Untuk itulah dalam rangka menanamkan sikap rela mau berkorban dalam menjalankan perintah Allah SWT hendaknya perlu dilaksanakan suatu kegiatan khususnya di lingkungan siswa – siswi dan dewan guru  SMPN 14 Depok yang dapat mengantarkan mereka kepada kerelaan untuk berkorban bagi agama Islam (Allah SWT) serta menjadikan hamba yang pandai bersyukur. Yaitu melalui suatu kegiatan keagamaan dalam hal ini adalah kegiatan  Peringatan dan Penyembelihan Hewan Kurban. Sehingga kelak dewasa mereka senantiasa mau dan mampu berkorban bagi agama Islam khususnya dan umumnya bagi masyarakat serta bangsa / negara .

Berikut beberapa Kegiatanyang berkaitan dengan kegiatan Iedul Qurban 1433 H / 2012 M di SMPN 14 Depok :

  1. Foto Kegiatan Iedul Qurban 1433 H / 2012 M
  2. Laporan Infak Iedul Qurban 14 33 H / 2012 M