LDKS 2013Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa / LDKS  merupakan kegiatan pelatihan dasar tentang kepemimpinan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi atau bakat kepemimpinan pada diri siswa baik itu berupa sikap, kedisiplinan, kemapuan intelektual dan kerja sama antar siswa. Kegiatan ini biasanya yang diberikan kepada calon Pengurus OSIS baru,  untuk memberikan bekal kepemimpinan . Organisasi siswa intra sekolah (OSIS) merupakan wadah untuk menampung dan menyalurkan serta mengembangkan kreatifitas peserta didik, baik dalam kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler dalam rangka menunjang keberhasilan pembelajaran.

Selain itu OSIS bertujuan agar peserta didik bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, mampu menjunjung tinggi kebudayaan nasional dan mampu menghadapi pengaruh yang datang dari luar yang dapat merusak atau bertentangan dengan kepribadian bangsan Indonesia, dapat meningkatkan prestasi, apreasiasi dan kreasi seni yang merupakan dasar pembentukan kepribadian dan budi pekerti yang luhur, serta dapat menumbuhkan dan membina sikap berbangsa dan bernegara serta mampu memelihara nilai-nilai perjuangan.

Agar nilai-nilai tersebut tertanam pada siswa, maka diperlukan regenarasi dan pengkaderan bagi para pengurus OSIS yang baru dalam suatu bentuk kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa / LDKS. 

Oleh karenannya pada tahun ini, SMPN 14 Depok kembali mengadakan kegiatan LDKS,sebagai sarana dalam mendukung tujuan pendidikan nasional dan sekaligus sebagai bahan dasar siswa sebagai calon pemimpin.