IFPada hari Senin, 8 April 2013 SMP Negeri 14 Depok mengikuti Festival Lomba Seni dan Sastra Nasional (FLS2N) tingkat kota Depok.Kegiatan ini diikuti dari SMP negeri dan swasta yang ada di kota Depok. Utusan dari sekolah kami, untuk lomba menulis cerpen yaitu :Rizky Amelia Putri /8.1, Nisrina Galuh Afifah /8.3, dan Reyhan /7.6. Untuk lomba cipta Puisi yaitu : Iriana Nurfajriyanti /8.2 dan Melania Felayati 8.6.Lomba ini melibatkan guru Bahasa Indonesia sebagai guru pembimbing yaitu Ibu Ida Fariyani,S.Pd dan Ibu Ade Masnunah ,S.Pd.

FLS2N tingkat kota Depok tahun ini di adakan di SMP Cipta Negara tepatnya di aula sekolah tersebut. Kegiatan lomba tersebut dimulai pukul 08.00 WIB , dihadiri oleh Ibu dan Bapak pengawas Dinas Pendidikan kota Depok. Kegiatan lomba dibuka oleh Kasi SMP Dinas Pendidikan kota Depok Bpk. Drs .Rida Fahrudin ,M.Pd. Kegiatan tersebut merupakan program tahunan Dinas Pendidikan kota Depok.Kegiatan ini diikuti oleh 169 peserta.Peserta cipta Puisi sebanyak 85 peserta dan menulis cerpen 84 peserta. Kegiatan menulis cipta puisi dan menulis cerpen dilaksanakan selama 2 jam dari pukul 10.00 WIB s.d pukul 12.00 WIB.

                Dalam laporannya selaku ketua panitia, Bp.Drs. Siswo Suparno yang menjabat sebagai Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Depok menyampaikan tujuan diadakannya FLS2N, “Yang pertama, menyambung persaudaraan antar peserta dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Yang kedua, meningkatkan kreativitas seni sastra siswa terutama untuk cipta puisi dan menulis cerpen.” Bp.Mulyadi, M.M selaku ketua sanggar MGMP kota Depok mengatakan, “Lomba ini diadakan dalam rangka mewadahi  para peserta didik untuk bisa mengembangkan potensi, mengekspresikan bakan-minat yang dimiliki pada diri siswa itu.” Lebih lanjut beliau mengatakan kegiatan itu dilaksanakan untuk memunculkan prestasi para peserta didik.

                Karya peserta kemudian akan dinilai oleh tiga orang juri yang berasal dari kalangan praktisi, akademisi sastra dan bahasa. Satu orang pemenang dari tiap lomba akan dikirim ke tingkat provinsi mewakili kota Depok. Jika mereka berhasil menjadi pemenang di tingkat provinsi, mereka akan menjadi wakil Jabar di tingkat nasional.

                Alhamdulillah dari  kelima utusan  SMP Negeri 14 Depok , salah satu siswa menjadi juara harapan II dalam lomba ini. Siswa tersebut adalah Rizky Amelia Putri dari kelas 8.1 mewakili juara lomba menulis cerpen dari 84 peserta dalam FLS2N tahun 2013. Mudah-mudahan akan muncul penyair dan cerpenis SMPN 14 Depok di tahun mendatang. ( Dipostkan Oleh Bu Ida Fariyani, S.Pd )