’’Al- Qur’an menjelaskan tentang berbagai solusi dalam mengatasi permasalahan kehidupan. Salah satu surat dalm Al- Qur’an adalah surat Al- Insyirah. Dalam surat ini dijelaskan bahwa, manusia sudah menyelesaikan suatu urusan, maka dianjurkan untuk segera mengerjakan pekerjaan lainnya. Sehingga waktu yang ada bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Allah swt berjanji bahwa ketika manusia menemui kesulitan dalam menyelesaikan suatu urusan, maka akan diberi kemudahan mengatasi kesulitan tersebut. Namun demikian, semua urusan yang dikerjakan oleh manusia harus dipasrahkan kembali kepada Allah swt. Langkah terakhir yang harus dilakukan oleh manusia adalah dengan berdoa kepada Sang Pencipta alam semesta.

A. Q.S. Ash Sharh

 ِبسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

al insyirah-crop

B.   Arti Kata-kata

Arti Lafadz Arti Lafadz
dan kami tinggikan

وَرَفَعْنَا

Bukankah Kami telah melapangkan

اَلَمْ نَشْرَحْ

sebutan (nama)mu

ذِكْرَكَ

untukmu

لَكَ

karena sesungguhnya sesudah kesulitan

فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ

dadamu

صَدْرَكَ

ada kemudahan

يُسْرًا

Dan Kami telah menghilangkan

وَوَضَعْنَا

maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan)

فَاِذَافَرَغْتَ

daripadamu

عَنْكَ

kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain

فَانْصَبْ

bebanmu

وِزْرَكَ

dan hanya kepada tuhanmulah

وَاِلَى رَبِّكَ

yang memberatkan

الَّذِى اَنْقَضَ

hendaknya kamu berharap

فَارْغَبْ

punggungmu

ظَهْرَكَ

 C.   Terjemah

Artinya : ”Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?(1) Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu(2) Yang memberatkan punggungmu(3) Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu(4) Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan(5) Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan(6) Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain(7) Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap(8)”. (QS. Al- Insyirah : 94/1-8)

D.   Kandungan Surat At- Tin

Surat Al- Insyirah termasuk golongan surat Makkiyah. Surat Al- Insyirah ini berkaitan dengan dakwah yang dilaksanakan oleh Rasulullah saw. Kandungan yang dimaksud dalam surat Al- Insyirah adalah :

  1. Surat ini berkaitan dengan dakwah Nabi  Muhammad saw. Dimana Nabi dan para sahabat setiap saat menerima siksaan yang pedih dari kaum kafir Quraisy. Namun demikian Nabi Muhammad saw diminta lapang dada menghadapi semua itu. Selama dakwah di Makkah, Nabi Muhammad saw mendapatkan tantangan dari keluarga, tetangga dan tokoh-tokoh Quraisy. Walaupun demikian Allah swt berjanji akan menghilangkan beban yang diterima oleh Nabi Muhammad saw.
  2. Kesusahan yang dialami Nabi Muhammad saw bukan saja kesusahan secara fisik, namun juga kesusahan secara batin. Sehingga Nabi Muhammad saw diangkat derajadnya menjadi manusia yang mulia dan tinggi akhlaknya di sisi Allah swt.
  3. Allah swt mengangkat derajat Nabi Muhammad saw dengan cara penyebutan nama Allah swt sekaligus menyebut nama Nabi Muhammad saw. Sebagaimana sebuah hadis berikut : “Tidaklah Aku (Allah) disebut, melainkan engkau (Muhammad) pun disebut pula hersama-Ku.”
  4. Rasulullah saw adalah perantara antara Allah swt dan hamba-hamba- Nya. Semua nikmat yang diterima oleh manusia, termasuk nikmat terbesar berupa hidayah akan Islam adalah dengan perantara dan melalui Rasulullah saw. Di dalam salah satu hadis, Rasulullah saw. Bersabda, “Belumlah bersyukur kepada Allah orang yang tidak ber-terima kasih kepada manusia”. Selain itu taat kepada Allah swt berarti harus pula taat kepada Nabi Muhammad saw.
  5. Allah swt memberikan ujian kepada hamba-Nya dalam rangka menaikkan derajat mulia dan tinggi di sisi-Nya. Allah swt memberikan ujian berupa kesusahan dan kesenangan. Bagi mereka yang tahan akan ujian dari Allah swt, maka akan diberi kemudahan pada tahap-tahap selanjutnya.
  6. Apabila umat manusia telah selesai beribadah kepada Allah swt serta Rasul-Nya, maka segeralah beribadah lainnya yang tetap pada mengingat Allah swt. dan apabila telah selesai mengerjakan urusan dunia, maka segeralah mengerjakan urusan dunia lainnya. Namun demikian antara kemudian dunia dan akherat harus seimbang. Sehingga umat manusia tidak cenderung mengutamakan satu dengan yang lainnya. Dan setelah beribadah untuk urusan akherat dan bekerja untuk urusan dunia, maka berdo’alah kepada Allah swt sebagai bentuk tawakkal kepada-Nya.
  7. Kerja keras adalah ciri utama umat Islam. Karena dengan bekerja keras umat Islam akan mampu menguasai dunia dan menentukan hukum agama Islam secara menyeluruh.

Dipostkan : November 2012, Abu Zaki.

9 Tanggapan to “Q.S. Ash Sharah / Al Insyirah”

  1. ramli Says:

    makasi karena bermanfaat bagi ,kami sekelas BY SMP N 4 TIKEP

  2. Afgan Halimi Says:

    di bagian Isi Kandungan ke-4, ada tulisan yang disalahgunakan “Rasulullah saw adalah perantara antara Allah saw dan hamba-hamba- Nya.”

    Harusnya itu Allah SWT bukan Allah saw


    1. Jazakumullohu khoironkasyiron


  3. Alhamdullilah…makasih banget artikelnya gan… tapi itu admin liat deh ada ayat yg kurang di surat tersebut !!! tolong di perbaiki (y)


    1. Jazakumullahu Khairon Kasyiran

  4. KHUSNUL Says:

    alhamdulillah..
    terimaksih..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s