Salah satu ibadah yang telah Allah SWT tetapkan dan wajibkan atas kaum muslimin / muslimat adalah melaksanakan ibadah Shaum ( Puasa ). Arti Shaum / puasa menurut bahasa adalah menahan. Menurut istilah syariat islam puasa adalah suatu bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari / fajar / subuh hingga matahari terbenam / maghrib dengan berniat terlebih dahulu sebelumnya.

Firman Allah SWT2 183-crop

  • “Hai orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana yang telah diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertaqwa” ( Q.S. Al Baqarah : 183 )

Puasa yang dikehendaki ayat diatas bukan hanya sebatas menahan rasa haus dan lapar, lebih dari itu dengan puasa manusia diharapkan mampu menahan dirinya (nafsunya) dari perbuatan dosa / keji serta dapat meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT sehinga puasa kita dapat mengantarkan kearah kebajikan. Berikut pahala atau balasan bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa, khususnya puasa ramadhan.

1. Rasulullah SAW bersabda:

  • كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ. قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: إِلاَّ الصَّوْمَ، فَإِنَّهُ لِيْ وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي
    “Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah ta’ala berkata: ‘Kecuali puasa, maka Aku yang akan membalas orang yang menjalankannya karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa nafsunya dan makannya karena Aku’.” (Shahih, HR. Muslim)
    Hadits di atas dengan jelas menunjukkan betapa tingginya nilai puasa. Allah ta’ala akan melipatgandakan pahalanya bukan sekedar 10 atau 700 kali lipat namun akan dibalas sesuai dengan keinginan-Nya Ta’ala. Padahal kita tahu bahwa Allah ta’ala Maha Pemurah, maka Dia tentu akan membalas pahala orang yang berpuasa dengan berlipat ganda.

2. Rasulullah SAW bersabda:

  • مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
    “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah Ta’ala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaqun ‘alaih)

3. beliau bersabda:

  • إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ (رواه البخاري، رقم 1763 ، ومسلم، رقم 1947)
    “Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa di hari kiamat masuk dari pintu itu. Tidak dibolehkan seorang pun memasukinya selain meraka. Lalu dikatakan, ‘Dimana orang-orang yang berpuasa?’ Mereka pun bangkit, tidak ada seorang pun yang masuk kecuali dari mereka. Ketika mereka telah masuk, (pintunya) ditutup dan tidak seorang pun masuk lagi.” (HR. Bukhari, 1763. Muslim, 1947)

4. Dari Abu Hurairah RA , Rasulullah SAW,   Allah SWT  berfirman,

  • كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلَّا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَصْخَبْ فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ يَفْرَحُهُمَا إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ وَإِذَا لَقِيَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ (رواه البخاري، رقم 1771 )
    “Setiap amal anak Adam adalah untuknya, kecuali puasa. Sesungguhnya dia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah tameng, kalau salah di antara kalian ada yang berpuasa, maka janganlah berkata jorok dan jangan berbicara keras. Kalau ada orang yang menghinanya atau hendak menyakitinya, maka katakanlah, ‘Sungguh aku sedang berpuasa.’ Demi jiwa Muhammad yang ada di tangan-Nya. Bau mulut orang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dibandingkan bau minyak kasturi. Bagi orang berpuasa akan mendapatkan dua kegembiraan; Gembira ketika berbuka dan gembira dengan puasanya ketika bertemu dengan Tuhannya.” (HR. Bukhari, no. 1771)

5. Dari Abu Umamah al-Bahili RA berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda :

  • بينا أنا نائم أتاني رجلان , فأخذا بضبعيّ , فأتيا بي جبلا وعرا , فقالا : أصعد , فقلت : إنّي لا أطيقه . فقال : إنّا سنسهّله لك , فصعدت , حتّى إذا كنت في سواء الجبل إذا بأصوات شديدة , قلت : ماهذه الأصوات؟ قالوا : هذا عواء أهل النّار . ثـمّ انطلق بي , فإذا أنا بقوم معلّقين بعراقيبهم , مشقّقة أشداقهم , تسيل أشداقهم دما . قال : قلت : من هؤلاء؟ قال : الّذين يفطرون قبل نحلّة صومهم
  • “Ketika aku sedang tidur, aku didatangi oleh dua orang laki – laki, lalu keduanya memegang kedua lengan ku dan membawaku kegunung yang terjal. Keduanya berkata : “Naiklah” Lalu Aku menjawab : “Sesungguhnya aku tidak sanggup melakukan nya.” Kemudian keduanya berkata : “Kami akan memudahkan untuk mu” Maka aku pun naik. Tatkala aku sedang berada di tengah – tengah gunung, aku mendengar suara yang keras sekali, maka aku bertanya : “Suara apakah itu?” Mereka menjawab : “ Itu adalah suara jerita para penghuni neraka.” Kemudian mereka membawa ku berjalan dan aku melihat orang – orang yang tergantungan pada urat besar diatas tumit mereka, mulut mereka robek dan dari robekan itu mengalir darah. Kemudian aku bertanya : “Siapa mereka itu?” Mereka menjawab : “Mereka adalah orang – orang yang berbuka sebelum tiba waktunya.”
    [Shahih : Diriwayatkan oleh Imam An-Nasa’ rahimahullah dalam kitab nya suanan al-Kubra, juga diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban rahimahullah (no 1800, kitab Zawaaid

Berdasrkan hadits diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwasahnya Allah SWT akan memberikan balasan atau pahala yang begitu besar bagi hamba-Nya yang taat kepada-Nya, dalam hal ini menjalankan ibadah puasa ramadhan yang sesuai tuntunan atau syariat yang telah ditetapkan Allah SWT melalui rasul-Nya. Semoga kita termasuk orang yang beruntung, yaitu orang yang kembali keada Allah SWT dalam keadaan bertakwa kepada-Nya. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s