BAB III
JUJUR DAN MENEPATI JANJI

DILARANG NYONTEK

A. JUJUR
Jujur adalah suatu sikap yang mencerminkan adanya kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan. Apa yang diniatkan oleh hati, diucapkan oleh lisan/mulut dan ditampilkan dalam perbuatan memang itulah yang sesungguhnya terjadi dan sebenarnya. Kejujuran sangat erat kaitannya dengan hati nurani. Hati nurani senantiasa mengajak manusia kepada kebaikan dan kejujuran. Namun terkadang kita enggan mengikuti hati nurani dikarenakan kita lebih mengikuti keinginan hawa nafsu. Kejujuran dapat membawa kebenaran, kebenaran dapat mengantarkan seseorang ke surganya Allah SWT.
Sabda Nabi Muhammad SAW :jujur 1

  • “Dari Abdullah ibn Mas’ud, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa kesurga…” (H.R.Bukhari).

Lawan sifat jujur adalah dusta atau bohong. Dusta adalah sikap yang tidak mencerminkan kesesuaian antara hati, ucapan dan perbuatan. Rasulullah SAW adalah orang yang jujur dan terpercaya, sehingga beliau mendapat gelar al-amin (dapatdipercaya) dari bangsa Quraisy. Kejujuran berbuah kepercayaan, sebaliknya dusta menjadikan orang lain tidak percaya. Jujur membuat hati kita tenang, sedangkan berbohongmembuat hati jadi was-was. Kejujuran merupakan salah satu dari akhlak yang terpuji ( akhlakul karimah / Mahmudah ). Seharusnya sifat jujur juga menjadi identitas seorang muslim.Katakan bahwa yang benar itu adalah benar dan yang salah itu salah. Jangan dicampur adukkan antara yang hak dan yang batil. Allah Swt. Berfirman :
jujur 2

  • Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya”.( Q.S. Surah al-Baqarah/2:42)

Hikmah atau manfaat dari perilaku jujur adalah:

  1. mendapatkan kepercayaan dari orang lain
  2. mendapatkan banyak teman
  3. mendapatkan ketentraman hidup

B. Menepati Janji

Janji adalah ucapan seseorang kepada orang lain yang menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat sesuatu. Menepati janji merupakan salah satu sifat terpuji atau akhlakul mahmudah yang harus dimiliki setiap muslim. Hukum menepati janji adalah wajib.Janji adalah hutang, sesuatu yang harus dilaksanakan atau ditepati. Hutang akan diminta pertanggungjawabannya sampai di akhirat. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, jangan mudah mengobral janji. Sebaliknya, apabila berjanji ucapkanlah Insya Allah (jika Allah menghendaki). Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa akan datang. Manusia hanya merencanakan dan berusaha, sedangkan hasilnya ada di tangan Allah SWT. Jika seseorang tidak dapat menepati janji karena lupa atau karena alasan tertentu yang tidak disengaja, asalkan mengucap Insya Allah, Allah SWT akan memaafkannya. Meski demikian, tetap harus meminta maaf dan memberi penjelasan kepada orang tersebut.

Lawan menepati janji adalah ingkar. Menurut Hadits nabi Muhammad SAW, riwayat Bukhari dan Muslim, seseorang yang ingkar janji dikategorikan sebagai oran munafik. Dalam sejarah hidup Rasulullah SAW, beliau tidak pernah mengingkari janji. Beliau selalu menepati janji kepada siapapun. Sudah seharusnya umat Islam meneladani Rasulullah SAW dalam hal menepati janji. Ingkar janji termasuk dosa besar yang harus dijauhi. Sifat ini akan menimbulkan berbagai kerugian tali silaturahmi dengan orang lain bisa terputus, bisa saling bermusuhan sampai  terjadi pertengkaran dan perkelahian.

Firman Alloh SWT :

  • Sesungguhnya orang-orang yang memperjualbelikan janji Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga murah, mereka itu tidak memperoleh bagian di akhirat, Allah tidak akan menyapa mereka, tidak akan memperhatikan mereka pada hari Kiamat, dan tidak akan menyucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih           ( Q.S. Ali Imran ayat 77)

Hikmah menepati janji diantaranya

  1. kita akan mendapat kepercayaan dari orang lain
  2. akan terjalin hubungan silaturahmi yang harmonis dengan orang lain.
  3. merupakan wujud dari memuliakan, menghormati dan menghargai sesama manusia.

TUGAS

  1. Berikan 3 contoh sifat jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari !
  2. Materi lengkap bisa dilihat di …. SINI …………